Penerapan Teknologi Tepat Guna Oleh  Mahasiswa Wijaya Putra Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat

Lima mahasiswa Universitas Wijaya Putra Surabaya yaitu Hardo Wahyudi (Fakultas Teknik Prodi Mesin), Nurul Aini (Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi), M Ainul Yaqin (Fakultas Teknik Prodi Industri), Astiningsih (Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi), dan Santi Wulan Sari (Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi) melalui program kreatifitas mahasiswa Teknologi (PKM-T) membuat alat bernama MEKUTUS (Mesin Kukus Telur Asin) dengan dosen pembimbing Nurleila Jum’ati S.Psi., MM setelah melakukan observasi lapangan di UD.DOA BUNDA Sidoarjo milik Pak Musholin, alat ini menggunakan  gas LPG sebagai sumber energi  dengan sistem otomasi. Berdasarkan kajian literasi didapatkan suhu terbaik untuk proses steaming telur asin antara 70◦ C -90◦ C sehingga otomasi bergerak diarea tersebut.

UD. DOA BUNDA sebagai mitra dalam program kreatifitas mahasiswa ini mendapatkan manfaat dengan adanya alat MEKUTUS sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas telur asin, proses pemaksakan telur asin lebih cepat dan penghematan gas LPG.

Tidak hanya sampai disitu saja yang di lakukan oleh Tim MEKUTUS, setelah alat dapat berfungsi dengan baik dan mampu menjawab permasalahan yang terjadi pada mitra, langkah yang akan ditempuh selanjutnya adalah membuatkan dan mendampingi penggunaan buku panduan dan perawatan mesin  sekaligus buku panduan viral marketing sehingga mitra akan terbantu dalam penggunaan alat MEKUTUS dan memperluas proses pemasaran sehingga pendapatan omzet UD.DOA BUNDA meningkat.